Keberadaan genset di rumah tentu sangat penting terutama di kala mati lampu. Padamnya lampu memang seringnya terjadi tiba-tiba sehingga Anda dibuat kebingungan. Karena itulah penting bagi Anda yang memiliki genset untuk selalu merawatnya supaya awet ketika digunakan. Ketika membelinya di salah satu tempat jual genset Jakarta, Anda mungkin sudah mendapatkan informasi tentang bagaimana cara untuk merawat genset. Tetapi bagi Anda yang belum mendapatkannya, sekarang Kami akan membagikannya untuk Anda.

  • Pemanasan

Sama seperti kendaraan, genset juga sebaiknya dipanaskan dahulu sebelum digunakan. Hal ini dimaksudkan agar mesinnya akan aktif ketika mulai dijalankan.

Anda bisa melakukan pemanasan untuk mesin genset ini sebanyak satu kali setiap minggunya.

  • Aki

Aki dari genset juga merupakan salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan perawatannya. Anda bisa memeriksanya dengan memeriksa alur dari koneksi terminal aki untuk memastikan kalau posisinya tidak longgar.

Jangan lupa juga untuk memastikan kalau sistem Aki ini tidak berkarat supaya proses starting genset tidak terhambat.  Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa terminal pada bagian baterai.

  • Bahan Bakar

Genset bisa berjalan karena memakai bahan bakar, karena itulah jangan pernah lupa untuk memeriksa bagian yang berhubungan dengan bahan bakar.

Misalnya, jika Anda menemukan lecet atau retak pada bagian filter alat bakar sebaiknya segera memperbaikinya. Pastikan juga kalau jalur bahan bakar tidak bergesekan dengan benda lain karena bisa menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi.

  • Sistem Kontrol 

Fungsi dari dilakukannya pemeriksaan dan perawatan sistem kontrol adalah memperlancar proses penyaluran beban. Pemeriksaan sistem kontrol ini bisa dilakukan ketika Anda sedang memanaskan mesin. 

Pastikan kalau posisi log data sudah benar dan mengembalikan sistem kontrol kembali ke mode AUTO

  • Indikator Mesin

Anda bisa memeriksa indikator mesin dengan cara memeriksa suhu radiator juga tekanan olinya. Selain itu, Anda juga perlu memastikan performa mesin ketika sedang dijalankan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mendengar bunyinya saja.

Anda perlu waspada akan adanya kerusakan mesin apabila genset yang Anda gunakan mengalami kegagalan pembakaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, getaran dan peningkatan bahan bakar.

  • Sistem Pembuangan

Sistem pembuangan dari generator juga tidak boleh dilewatkan untuk diperiksa. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa jumlah asap yang dikeluarkan serta kondisi knalpot.

Jika jumlah asap yang dikeluarkan berlebihan maka Anda perlu waspada dan bisa menanyakannya ke tempat jual genset Jakarta atau tempat Anda membelinya.

  • Sistem Pendingin

Supaya bagian yang bernama sirip-sirip pendingin tidak mudah rusak, Anda perlu berhati-hati ketika memeriksa bagian tersebut. Disarankan untuk menjaga level oli hingga selalu mendekati penuh. Dianjurkan untuk memakai oli berkualitas dan tidak berganti-ganti merek.

Itulah beberapa tips merawat mesin genset yang bisa Kami bagikan. Anda bisa menanyakan lebih lanjut ke tempat jual genset Jakarta jika mesin Anda mengalami hal yang mengkhawatirkan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.