Mungkin Anda memiliki sebuah draft yang ingin dicetak dan dibuat menjadi sebuah buku. Dalam tahap tersebut Anda bisa mencoba menggunakan jasa percetakan yang menyediakan layanan cetak buku. Tentunya dalam memilih jasa percetakan tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut adalah tips memilih jasa percetakan dan biaya cetak buku.

Pelayanan

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan adalah pelayanan yang diberikan. Baik itu layanan on site maupun pelayanan online harus diperhatikan secara detail.

Sebagai contohnya adalah Anda bisa memperhatikan bagaimana cara mereka menjalin komunikasi dengan Anda. Perhatikan cara mereka memberikan tanggapan terhadap apa yang Anda ceritakan.

Meski Anda hanya memberikan penjelasan secara umum. Namun ketika mereka sudah mencapai tingkat profesional, maka mereka bisa memvisualisasikan apa yang Anda ceritakan ke dalam hasil jadi seperti cetak buku.

Pentingnya terjalin komunikasi dengan baik antara pihak penyedia jasa dengan customer adalah menghindari kesalahan informasi akhir. Sebab jika ada kesalahan dalam informasi yang didapatkan. Bisa jadi hasil yang dibuat tidak akan sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahkan mungkin Anda akan dirugikan.

Maka dari itu pelayanan adalah yang begitu penting sekali.

Kualitas dan harga

Mungkin Anda pernah mendengar istilah ada harga ada kualitas. Ya sebenarnya hal tersebut sampai saat ini masih berlaku dengan biaya cetak buku. Namun beberapa penyedia jasa terkadang melupakan kualitas mereka.

Artinya beberapa penyedia jasa memberikan harga terjangkau namun dengan kualitas yang tidak seperti yang mereka janjikan. Maka dari itu akan lebih baik jika permasalahan harga biaya cetak buku ini Anda bandingkan satu penyedia jasa percetakan dengan penyedia jasa percetakan lainnya.

Dengan adanya perbandingan ini Anda akan semakin tahu harus memilih yang mana. Jangan lupa pertimbangkan kualitas dari setiap penyedia jasa percetakan tersebut.

Terpercaya

Selanjutnya adalah dari segi kepercayaan. Jika memang Anda adalah masih pertama kali ingin menggunakan jasa mereka. Mungkin ada rasa ragu untuk menggunakan jasa mereka karena memang belum tahu bagaimana kualitas hasil jadi dan kinerja maupun pelayanan yang diberikan.

Pada tahap ini Anda bisa mencari informasi seputar jasa percetakan tersebut dari para pelanggan sebelumnya. Saat ini sudah ada beberapa jasa percetakan yang memiliki akun sosial media maupun website pribadi.

Biasanya para pelanggan sebelumnya akan memberikan feedback atau komentar kepada penyedia jasa tersebut. Anda bisa mencoba untuk melihat bagaimana feedback dari pelanggan tersebut apakah lebih condong ke segi positif atau malah ke arah sebaliknya.

Jika lebih condong ke arah positif, Anda bisa banget menggunakan jasa mereka. Namun jika sebaliknya, sebaiknya pikir dua kali ketika akan menggunakan jasa mereka.

Di sisi lain Anda bisa mencoba untuk bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa mereka. Anda bisa bertanya seputar kinerja, layanan hingga hasil jadi dan harga.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih jasa percetakan yang memberikan layanan cetak buku berkualitas. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.