Untuk mendesain rumah kita pasti memikirkannya dengan matang. Karena rumah akan ditinggali dalam kurun waktu yang relatif lama. Untuk itu perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan-bahan material. Salah satu bahan material yang perlu diperhatikan yakni penggunaan material holo baja ringan

Tipe Baja Ringan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tipe atau jenis dari holo holo baja ringan yang cocok digunakan untuk pembangunan tempat tinggal idaman. Mari simak pembahasannya. Banyak tipe atau jenis dari baja ringan. Berikut penjelasannya.

Tipe-Tipe Material Baja Ringan

  1. Baja Ringan Hollow

Baja ringan jenis pertama yakni hollow. Ciri-ciri dari jenis baja ringan ini yaitu memiliki bentuk sepeti balok, dan pada ujungnya berbentuk persegi, serta di bagian dalam berongga. Fungsi baja ringan jenis hollow ini yaitu untuk bahan baku pembuatan atap, kanopi, dan juga plafon.

  1. Baja Ringan Truss atau Kaso

Baja ringan jenis kedua yakni truss atau kaso. Ciri-ciri dari jenis baja ringan ini yaitu berbentuk seperti huruf C. Baja ringan jenis truss atau kaso ini digunakan untuk pembuatan rangka atap agar atap dapat dipasang genteng. Selain itu, jenis baja rignan ini digunakan untuk komponen penguat tiang dan juga kuda-kuda.

  1. Baja Ringan Bondek

Baja ringan jenis ketiga ini mudah untuk dijumpai. Jenis baja ringan ini biasa digunakan untuk membangun rangka atap rumah atau bangunan lain sebagai pengganti material triplek.

  1. Baja Ringan Spandek

Baja ringan jenis keempat ini memiliki bentuk seperti sebuah lembaran. Selain itu, jenis baja ringan spandek ini juga biasa digunakan sebagai pelapis dinding. Sama seperti halnya baja ringan jenis lain,baja ringan spandek juga memiliki bobot yang ringan, tahan lama, dan tentunya anti karat.

  1. Baja Ringan Reng

Jenis baja ringan kelima ini memiliki bentuk seperti bilah-bilah. Dimana jenis baja ringan ini dapat dipasang melintang yang berfungsi menahan atau untuk sangkutan genteng pada kasau. Jenis baja ringan ini memiliki bobot lebih ringan dan pastinya tahan lama dibandingkan dengan reng dari bahan kayu atau bambu. Baja ringan reng terbuat dari bahan dasar Zinc yang bersifat tahan karat sehingga tahan karat dengan segala kondisi cuaca tropis seperti di Indonesia ini.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.