Memilih atap Baja ringan terbaik memang jadi salah satu persoalan tersendiri saat hendak membeli berbagai macam material bangunan. Harganya yang relatif mahal dibanding material lain dengan segala keunggulannya jadi pertimbangan. Selain itu merk juga mempengaruhi harga. Sehingga anda kudu pintar pintar dalam memilih sebelum membeli.

Perbedaan Baja ringan berkualitas dan abal-abal

  1. SNI

Baja ringan yang asli berkualitas sudah sesuai pembuatannya dengan Standar Nasional Indonesia. Untuk melihat apakah sudah sesuai SNI anda bisa melihat label di baja tersebut bertuliskan 4096:2007 (SNI Material/ SNI standar produk Baja Lapis Alumunium Seng/ BjLAS).

Lalu untuk kerangka atap baja ringan yang sudah SBI akan berlabelkan SNI 8399:2017 (SNI Produk). Jika tidak ada label tersebut, sebaiknya anda hati-hati.

  1. Ketebalannya tidak dibuat-buat

Baja ringan terbaik ketebalannya tidak dibuat-buat atau tidak sesuai antara informasi dan keadaan aslinya.  Ketebalannya pun harus sesuai dengan SNI yang ditetapkan demi keselamatan.

  1. Tegangan tarik maksimum

Tegangan tarik yang harus dimiliki agar sesuai SNI adalah G550 atau minimal nilainya adalah 550 Mpa.

  1. Memiliki garansi yang jelas

Adanya garansi tentu akan semakin membuat anda percaya bahwa produk tersebut memang berkualitas, jika tidak ada jaminan maka itu sudah jadi red flag yang kuat untuk tidak digunakan.

Tips memilih baja ringan yang berkualitas dan tahan lama

Berikut beberapa tips dalam memilih baja ringan yang terbaik agar anda tidak ragu ragu dan kecewa.

  1. Pilihlah yang memiliki pelindung karat minimal yang mengandung Alumunium-Zinc 100 gr per m2

Apabila makin tebal masa dari lapisan pelindung tersebut, maka akan semakin baik dan tahan lama baja ringan itu dari karatan

  1. Anda harus pastikan bahwa ketebalan baja ringan tersebut sudah sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh SNI dan standar internasional

Jika baja dasar dari suatu baja ringans emakin tebal maka akan semakin kuat dan tahan lama pula dalam menopang suatu tekanan.

Itulah beberapa tips memilih Baja ringan terbaik.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.