Di Masa saat ini, teknologi semakin berkembang memberikan banyak ruang dan juga modifikasi terhadap mesin-mesin yang mempermudah pekerjaan manusia. Termasuk untuk pembangkit listrik sendiri. Kebutuhan listrik yang terus meningkat dan banyak barang-barang membutuhkan listrik sebagai penunjang agar bisa beroperasi membuat kebutuhan listrik benar-benar tidak dapat dihindari. Pada tulisan ini kita akan membahas tentang jual genset silent sebagai salah satu generator untuk membantu kebutuhan akan listrik.

Mengenal sejarah genset dari awal Apa itu genset silent?

Meski saat ini pembangkit tenaga listrik semakin canggih dan juga terjamin, namun bukan tidak mungkin suatu keadaan akan mengakibatkan pemadaman listrik, atau misalnya pada kondisi suatu acara di lapangan luas dan terbuka yang membutuhkan sumber listrik dengan generator mandiri membuat genset menjadi salah satu hal yang cukup penting. 

Dalam sejarahnya sendiri, genset awalnya ditemukan pada tahun 1831 oleh seseorang bernama Michael Faraday yang dibuat dengan bentuk kawat besi seperti huruf U dan dililitkan pada gulungan kawat yang awalnya dikenal dengan generator cakram faraday. Menggunakan cara induksi elektromagnetik, generator listrik ini bekerja dengan cara diputarnya kumparan dalam medan magnet yang menghasilkan energi induksi. Ada 2 komponen utama yang terdapat pada generator listrik dimana dua hal itu adalah sator dan rotor. Sator sebagai bagian yang diam sedangkan rotor sebagai bagian yang bergerak. Rotor sendiri nantinya akan berhubung dengan generator listrik dengan usaha yang berasal dari luar, seperti turbin air atau turbin uap.

Generator listrik dibedakan menjadi 2 menurut jenis arus yang dihasilkan, yaitu Generator Listrik Alternator (AC) dimana kutub magnet berlawanan berhadapan sehingga menghasilkan medan magnet. Dan yang kedua adalah Generator listrik DC yang membedakannya dengan generator AC adalah komutatornya.

Apa itu genset silent?

Seiring dengan perkembangan teknologi, generator atau genset sendiri berkembang dengan berbagai kapasitas dan jenis. Salah satunya adalah genset silent ini. penawaran jual genset silent telah banyak dan dapat anda temukan dengan mudah. Pengertian dari genset silent ini sendiri yaitu merupakan jenis genset yang tidak memiliki suara nyaring ketika dinyalakan, karena genset silent ini merupakan genset yang dilengkapi dengan canopy sehingga suara yang dihasilkan tidaklah nyaring. Fungsi dari canopy ini sendiri adalah untuk memberikan perlindungan untuk engine dari hujan dan panas.

Canopy ini sendiri dibuat dari bahan plat besi yang dilapisi dengan busa peredam, sehingga suara yang dihasilkan oleh engine dapat diredam oleh canopy ini sehingga suara engine tidak terdengar nyaring keluar. Jika berbicara harga jual genset silent sendiri pasti akan berbeda dengan pesaingnya yaitu genset open yang suara mesin lebih keras dari genset silent. Meski demikian harga jual genset silent dapat anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.