Memiliki rumah memang sebuah impian bagi banyak orang. Tak sedikit dari mereka yang menargetkan harus punya rumah sebelum usia 30 tahun, bahkan sebelum usia 20 tahun, termasuk para kaum milenial. Lalu bagaimana jika target yang kita tentukan tidak sejalan dengan realita kehidupan? KPR Rumah solusinya!

Apa Itu KPR Rumah?

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yakni sebuah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah tapi belum cukup mampu untuk membeli secara tunai, KPR ini bisa menjadi solusi terbaik. Dengan mengambil KPR rumah Anda bisa memiliki rumah dengan cepat.

Anda tidak perlu khawatir karena KPR ini telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas badan dan keuangan di Indonesia. Untuk perumahan baru, biasanya pengembang sudah bekerja sama dengan pihak perbankan untuk mempermudah proses pengajuan KPR, sedangkan perumahan second, pembeli harus mencari perbankan yang menyediakan KPR.

Jenis KPR Rumah

Di Indonesia, ada dua jenis KPR rumah yakni KPR subsidi dan KPR non-subsidi. Berikut penjelasan kedua jenis KPR:

  1. KPR rumah subsidi

Jenis KPR rumah ini untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sebagai program pemenuhan kebutuhan perubahan ataupun perbaikan rumah yang telah dimiliki sebelumnya. Bentuk subsidi yang diberikan bisa berupa subsidi keringanan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah.

  1. KPR rumah non-subsidi

KPR non-subsidi diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat yang mengajukan permohonan KPR. Syarat dan ketentuan KPR rumah ditetapkan oleh pihak bank, sehingga penentuan besarnya kredit atau suku bunga sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Selain kedua jenis KPR diatas, ada juga jenis KPR yang lain seperti KPR syariah yang mana sistem KPR rumah jenis ini menggunakan sistem bagi hasil, KPR pembelian, KPR refinancing, serta KPR take over.

Itulah sedikit penjelasan mengenai KPR rumah yang wajib Anda ketahui sebagai pengenalan awal sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.