Masing-masing jenis atap memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Baik dari segi harga, ketahanan, warna, tekstur, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis Atap tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan konstruksi atap rumah, misalnya atap metal pasir.

Atap metal pasir berbeda dengan atap metal yang lainnya. Atap metal pasir mempunyai lapisan yang dilem di atas permukaan atap metal. Lapisan pasir tersebut memiliki fungsi untuk memberikan tekstur pada tampilan permukaan atap dan bisa untuk mempertebal atap.  

Atap jenis ini sudah terkenal dengan sifatnya yang tidak mudah pecah, anti jamur, anti rayap, anti karat, anti lapuk. Meski tanpa memerlukan perawatan khusus pun Atap metal pasir masih bisa bertahan hingga 10 tahun bahkan bisa lebih.

Atap metal pasir pada umumnya memiliki baja inti yang tipis supaya berat Atap tetap terasa ringan walaupun sudah ditambahkan dengan pasir di permukaannya. Namun cat warna pada Atap metal pasir pun hanya di permukaan lapisan pasirnya saja. Sehingga apabila terpapar sinar matahari dan hujan terus menerus lama kelamaan akan terkelupas dan warna menjadi pudar. 

Supaya tidak salah dalam memilih atap, Berikut ini penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari atap metal pasir:

Kelebihan :

  1. Anti karat , Atap ini memiliki ketahanan anti karat dan korosif atau pengikisan secara kimia karena mengandung material di dalamnya. Atap metal pasir memiliki kandungan unsur seng, alumunium, dan lapisan anti karat. 
  2. Tidak mudah terbakar, Atap ini tidak bisa menghantarkan api sehingga aman dari sambaran petir apabila terjadi hujan badai berpetir
  3. Mampu meredam suara bising, Atap ini mampu meredam suara bising, contohnya apabila terjadi curah hujan yang lebat, Atap ini bisa meredamnya sehingga tidak berisik. 
  4. Banyak pilihan model, Atap metal pasir memiliki banyak model pilihan mulai dari warna, bentuk dan ketebalan. Kalian bisa sesuaikan dengan keinginan kalian
  5. Ramah lingkungan, Atap ini memiliki material yang sangat ramah lingkungan sehingga dalam perawatannya pun tidak membutuhkan biaya yang mahal.
  6. Mempunyai sistem kunci khusus, Atap ini dipasang menggunakan kunci khusus sehingga tidak mudah terlepas. Apabila terjadi angin kencang tentunya Atap ini sangat aman. 

Kekurangan :

  1. Warna Atap mudah terkelupas, dalam memasang Atap jenis ini harus sangat hati-hati agar warna Atap tidak mudah terkelupas.
  2. Cukup rentan terhadap tekanan, Atap jenis ini hanya memiliki ketebalan sekitar 0,20 hingga 0,40 mm. Oleh karena itu sangat rentan apabila terinjak. 
  3. Kemampuan meredam panas rendah, Atap jenis ini hanya mampu meredam panas sekitar 70%.

Itulah penjelasan kelebihan dan kekurangan Atap metal pasir, dalam pemilihan Atap sangat penting untuk atap rumah, jangan sampai salah pilih karena akan mengakibatkan kebocoran sehingga sangat mengganggu kenyamanan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.