Ingin memiliki kendaraan dengan cara kredit cicilan mobil baru? Meskipun dinilai mudah daripada membeli mobil secara cash, ternyata kredit mobil pun ada langkah-langkahnya lho, supaya dapat cicilan ringan. Gimana ya caranya? Yuk simak tips di bawah ini. 

Tentukan Mobil Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Sebelum melakukan kredit mobil baru, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari mobil sesuai kebutuhan, semisal hanya untuk kebutuhan pribadi atau untuk bisnis. Setelah itu, baru sesuaikan dengan kondisi keuangan yang anda miliki. Jangan sampai kredit ini malah mempersulit anda. 

Dalam menentukan nominal cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya tergantung pada mobil yang diambil, besaran suku bunga, hingga masa tenor yang di pilih. 

Memilih Masa Tenor yang Tepat

Jika ingin mendapatkan cicilan murah pada setiap bulannya, maka anda dapat mengambil masa tenor maksimum. Namun, sisi negatifnya yaitu bunga yang didapat menjadi bertambah sesuai dengan masa pembayaran yang diambil. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya bila anda mengambil masa tenor yang lebih sedikit, maka bunga yang didapat menjadi lebih sedikit. 

Lakukan perhitungan biaya pengeluaran dengan menggunakan kalkulator kredit. Apabila anda kesulitan melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan pihak penyedia jasa kredit.

Manfaatkan Promo

Umumnya setiap dealer mobil menawarkan berbagai promo. Anda bisa melakukan survey dealer mobil serta cek promo yang sedang ditawarkan lalu, bandingkan antara dealer satu dengan yang lainnya. Disarankan untuk tidak tergesa-gesa agar tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari. 

Cari Asuransi Sendiri

Kredit cicilan mobil baru umumnya sudah sepaket dengan asuransi. Agar cicilan lebih ringan, disarankan mencari asuransi mobil terbaik sendiri, dengan begitu anda bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi tersebut dengan kendaraan yang anda miliki. 

Belilah Mobil di Waktu yang Tepat

Saat anda sudah bertekad melakukan kredit cicilan mobil baru, selanjutnya pilih waktu yang tepat untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya saat event otomotif atau pada akhir tahun. Karena pada momen-momen tersebut, biasanya dealer mobil memberikan promo kredit tertentu. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.