Sewa/rental bus pariwisata saat ini telah menjadi salah satu pilihan akomodasi yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Faktor efisiensi, biaya, dan juga kenyamanan selama dalam perjalanan menjadi alasan mengapa peminat bus pariwisata kian meningkat.

Pentingnya Sewa Bus Pariwisata

Sewa bus pariwisata merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung liburan Anda bersama dengan rekan ataupun keluarga. Dengan menggunakan sewa bus pariwisata, liburan Anda akan menjadi lebih terstruktur, praktis, dan tentunya hemat biaya. Namun, Anda juga harus bisa memilih jasa sewa bus pariwisata yang berkualitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah-langkah Memilih Sewa Bus Pariwisata

Berikut adalah langkah-langkah dalam memilih sewa bus pariwisata yang bisa Anda ikuti :

  1. Pemesanan

Untuk langkah pemesanan bus pariwisata, Anda bisa langsung mendatangi PO bus atau bisa juga melalui website dan aplikasi online. Kecanggihan teknologi pada masa kini membuat bus pariwisata juga mengembangkan pelayanan mereka dengan membuat website resmi yang bisa Anda akses melalui browser.

Dalam tahap ini, Anda bisa menanyakan berbagai macam informasi dasar terlebih dahulu kepada penyedia jasa sewa bus pariwisata, seperti lokasi mana saja yang didukung, durasi pemesanan, kapasitas penumpang, dan lain sebagainya.

  1. Kapasitas Bus

Hal selanjutnya adalah kapasitas dari bus pariwisata tersebut. Ada beberapa ukuran bus yang bisa Anda sesuaikan dengan jumlah orang yang akan ikut dalam perjalanan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika Anda sudah memiliki data penumpang terlebih dahulu sebelum memutuskan ukuran bus yang akan digunakan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kekurangan kursi pada saat perjalanan.

  1. Fasilitas Bus

Selanjutnya adalah fasilitas bus pariwisata. Banyaknya jasa sewa bus pariwisata membuat Anda harus pintar dalam mencari bus yang terbaik dan berkualitas. Salah satu cara pemilihannya, Anda bisa memperhatikan fasilitas bus yang akan diberikan, apakah sudah termasuk dengan BBM, biaya supir, parkir, dan lain sebagainya atau belum. Anda juga bisa membandingkan fasilitas antara bus pariwisata yang satu dengan yang lainnya.

  1. Waktu Reservasi

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah waktu reservasi. Anda bisa memilih waktu liburan yang tidak banyak digunakan orang lain untuk berlibur, seperti lebaran, natal dan hari besar lainnya. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu dimana orang-orang ramai mencari jasa sewa bus pariwisata, sehingga akan mempengaruhi kenaikan harga pada sewa bus. Alangkah lebih baiknya jika Anda memilih hari biasa untuk melakukan liburan agar bisa menghemat biaya transportasi dan juga tidak terlalu ramai saat di tempat wisata yang dituju.

  1. Pembayaran

Selanjutnya adalah pembayaran yang bisa Anda lakukan setelah memastikan beberapa hal di atas. Umumnya, Anda bisa memberikan uang muka atau DP terlebih dahulu untuk booking bus pariwisata tersebut. Setelah itu, baru kemudian mendekati keberangkatan atau maksimal H-7 sebelum keberangkatan, Anda harus sudah melunasi pembayarannya.

Itulah beberapa langkah atau tips yang bisa Anda perhatikan pada saat memilih sewa/rental bus pariwisata agar mendapatkan fasilitas yang bagus dan tidak mengalami kerugian. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.